Manjakan Mata dengan Liburan di Kepulauan Seribu

Spread the love

Me-refresh pikiran dan mata dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya berlibur ke sejumlah tempat yang memiliki pemandangan alam bagus. Tidak jauh dari ibukota Jakarta, Anda dapat menggunakan travel Pulau Seribu untuk berwisata ke berbagai pulau di gugusan kepulauan tersebut.

Wisata Kepulauan Seribu dengan Pemandangan Terbaik

Kepulauan Seribu merupakan wilayah kabupaten administrasi di provinsi DKI Jakarta. Meskipun bernama “seribu” kepulauan dengan luas lebih dari 4,7 ribu km2 ini terdiri dari sekitar 110 pulau. Tidak mengherankan jika kepulauan ini menjadi salah satu destinasi wajib untuk Anda memanjakan mata. Berikut beberapa rekomendasi wisata yang bisa Anda kunjungi.

1. Pulau Pramuka

Pulau Pramuka merupakan satu dari belasan pulau berpenghuni di kawasan Kepulauan Seribu. Pulau ini bisa dibilang menjadi pusat pemerintahan kabupaten administratif Kepulauan Seribu sehingga tidak mengherankan jika ada banyak fasilitas umum yang tersedia secara lengkap.

Tidak hanya itu, buat Anda yang ingin memanjakan mata dengan pemandangan indah bawah laut, pulau ini cocok untuk Anda kunjungi untuk snorkeling maupun diving. Bila sekedar ingin menikmati pemandangan, Anda dapat berjemur di pantai atau duduk-duduk di bawah pohon sekitar pantai.

2. Pulau Tidung

Pulau Tidung merupakan salah satu tujuan wisata terpopuler sehingga banyak travel Pulau Seribu menawarkan wisata ke pulau tersebut. Pulau Tidung sendiri sejatinya terdiri dari dua buah pulau yang saling terhubung, yakni Tidung Besar dan Tidung Kecil.

Pulau Tidung Besar merupakan pulau berpenghuni dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap, sementara Pulau Tidung Kecil lebih difungsikan sebagai kawasan penelitian dan konservasi hutan mangrove sehingga tidak memiliki penghuni yang permanen.

Daya tarik wisata di pulau ini terletak pada Jembatan Cinta yang menghubungkan kedua pulau. Selain itu, Pulau Tidung Kecil juga terkenal dengan wisata bawah laut yang memesona. Anda dapat melakukan aktivitas snorkeling dan diving di pulau tersebut.

3. Pulau Pari

Pulau satu ini memiliki keunikan tersendiri jika dilihat dari citra satelit, yakni bentuknya seperti ikan pari. Pulau ini menawarkan wisata pantai dan pemandangan terumbu karang yang menawan. Buat Anda yang ingin menikmati suasana pantai, datang saja ke Pantai Pasir Perawan yang terkenal dengan hamparan pasir lembut dan view indahnya.

Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti watersport, snorkeling, diving, hingga belajar langsung mengenai mangrove dan penelitian biota laut dari LIPI. Jika tidak ingin bermain air, Anda masih bisa menikmati pemandangan pulau dengan bersepeda.

4. Pulau Onrust

Berbeda dengan pulau-pulau lainnya, Pulau Onrust terkenal dengan wisata sejarahnya. Terlebih, nama “Onrust” sendiri berarti tidak pernah tenang beristirahat. Nama tersebut diberikan karena dulunya pulau ini merupakan pusat pergudangan dan lalu lintas kapal milik angkatan laut Belanda.

Sejak diresmikan menjadi cagar budaya pada tahun 1972 silam, pulau ini kini menjadi salah satu destinasi favorit travel Pulau Seribu bagi para pencari wisata sejarah dan misteri. Terlebih, ada sejumlah bangunan peninggalan Belanda seperti benteng pertahanan di sekitar pesisir.

5. Pulau Untung Jawa

Daya tarik utama pada pulau yang satu ini adalah wisata pantai. Ada sejumlah pantai yang bisa Anda kunjungi, seperti Pantai Setigi, Pantai Arsa, Pantai Sakura, hingga Pantai Amitterdam. Selain itu, alam bawah lautnya juga sangat menawan dan memanjakan mata.

Selain pantai dan alam bawah laut, Anda juga dapat mengunjungi berbagai atraksi seperti Jembatan Pelangi, Jembatan Pohon Pengantin, hingga kawasan hutan mangrove. Jangan lewatkan juga berbagai permainan air sembari menikmati pemandangan sekitar pulau yang sangat menarik.

6. Pulau Macan

Salah satu hal yang membuat pulau ini layak menjadi rekomendasi buat Anda yang mencari pemandangan alam terbaik yakni konsep eco-resort, di mana terdapat banyak resort ramah lingkungan dengan fasilitas lengkap. Tidak mengherankan jika pulau ini biasa dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin bersantai menikmati keindahan alam sembari menginap di sejumlah resortnya.

Selain eco-resort, keunikan lain dari pulau ini yakni adanya keberadaan Pulau Macan Kecil yang hanya dapat terlihat jika laut sedang surut. Mengunjunginya juga sangat mudah, bahkan dapat diseberangi dengan berjalan kaki dari Pulau Macan Besar.

7. Pulau Kayu Angin

Jika Anda ingin menikmati pemandangan alam bawah laut secara lebih maksimal, maka mengunjungi Pulau Kayu Angin bisa menjadi pilihan tepat. Pasalnya, visibilitas air di tempat ini cukup tinggi karena air laut di sini sangat jernih sehingga Anda akan lebih puas melihat berbagai biota laut di dalamnya.

Selain menawarkan spot snorkeling, Anda dan travel Pulau Seribu juga dapat mengunjungi habitat penangkaran penyu sisik dan penyu hijau yang langka dan sangat dilindungi. Jika beruntung, di waktu-waktu tertentu Anda dapat turut menyaksikan proses penyu bertelur maupun pelepasan tukik.