7 Tips Liburan Ke Pulau Dengan Pemandangan Terbaik

Spread the love

Kepulauan Seribu alias Pulau Seribu menjadi salah satu destinasi wisata pilihan yang bisa menjadi alternatif buat warga Jakarta yang ingin berlibur dengan santai di alam. Ada berbagai wisata yang dapat dikunjungi, termasuk pantai, mangrove, serta berbagai penangkaran hewan langka.

Inilah Kiat Liburan Santai di Pulau

Banyak orang ingin liburan ke pulau dengan suasana yang masih terjaga asri. Kendati demikian, mereka juga tidak ingin ketinggalan menjalankan liburan secara santai. Jika Anda tertarik berwisata ke tempat-tempat dengan pemandangan alam seperti Kepulauan Seribu, simak tips liburan yang santai berikut.

1. Menyiapkan perencanaan secara detail

Kendati tempat tujuan liburan Anda relatif dekat, tetap saja diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang. Jangan sampai hanya karena tidak ada rencana dan persiapan, liburan santai yang Anda rencanakan malah hancur berantakan. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda membuat semacam jadwal aktivitas yang akan dilakukan ketika sampai di pulau tersebut.

Kendati demikian, tentu saja bukan berarti Anda tidak memberi kesempatan untuk melakukan beberapa acara yang terbilang spontan. Dengan adanya jadwal, setidaknya Anda akan tahu apa yang akan dilakukan di tempat tersebut.

Tentu tidak menyenangkan jika uang tabungan habis ketika Anda pulang liburan, bukan? Itulah mengapa, ada baiknya jika Anda juga membuat suatu rincian biaya selama liburan sehingga pengeluaran tetap terkontrol. Adapun caranya sebenarnya simpel, yakni buat saja gambaran kasar mengenai biaya yang akan dibutuhkan dalam liburan tersebut.

2. Pilih musim liburan terbaik

Tips berikutnya jika Anda ingin berlibur dengan santai yakni memperhatikan musim liburan. Oleh karena Kepulauan Seribu lebih berupa kawasan gugusan pulau, tentu sangat menyenangkan dinikmati jika cuaca sedang cerah supaya Anda lebih puas menikmati pesona alamnya. Tentu akan lebih menyenangkan lagi jika Anda dapat berkunjung saat suasana sepi sehingga liburan akan lebih maksimal.

Apabila ingin berwisata ke kawasan pulau, tentu saja pilihan musim untuk berkunjung yakni bukanlah di musim hujan. Hal ini karena pemandangan langit di musim hujan akan sering menampakkan langit mendung, bahkan bisa hujan seharian penuh.

Begitu pula jika Anda ingin melakukan berbagai aktivitas air seperti diving atau snorkeling, tentu saja akan cocok dijalankan apabila cuaca sedang cerah dan arus laut cenderung tenang. Tidak mengherankan jika waktu kunjungan yang paling ideal adalah antara bulan Juli sampai Agustus.

3. Tentukan pulau yang ingin dikunjungi

Sesuai namanya, Pulau Seribu menyimpan banyak pulau yang dapat Anda kunjungi. Kendati demikian, mengeksplor semua pulau tentu menjadi PR tersendiri. Jika masa liburan Anda relatif singkat, maka sebaiknya Anda tidak memiliki mengunjungi banyak pulau sekaligus.

Apabila waktu yang dimiliki terbatas, Anda dapat memilih satu sampai dua pulau. Dengan demikian, Anda juga akan lebih menghemat tenaga, waktu, serta uang yang dimiliki sehingga liburan Anda akan menjadi jauh lebih maksimal.

Berkeliling satu pulau saja tidak jarang akan membuat Anda lelah, bahkan satu pulau tidak dapat ditelusuri dalam satu sampai dua jam saja. Selain itu, waktu Anda juga akan lebih berguna karena jika mengunjungi banyak pulau, waktu Anda akan habis di jalan. Tentunya, uang yang digunakan juga akan habis di perjalanan.

4. Siapkan perlengkapan terlengkap

Berbagai peralatan juga harus disiapkan dengan matang. Mulai dari pakaian, makanan/minuman, obat pribadi, sunblock, sampai kamera. Semuanya perlu disiapkan dalam tas travelling yang pas dan mudah Anda jangkau.

Adapun pakaian yang disiapkan sebaiknya lebih banyak berbahan katun karena sudah pasti Anda akan banyak bermain di area pantai yang panas menyengat. Siapkan juga tabir surya alias sunblock untuk menghindarkan kulit dari rasa terbakar karena cuaca yang begitu terik tersebut.

Siapkan juga alat-alat elektronik tambahan seperti power bank hingga baterai kamera cadangan. Terlebih, terdapat sejumlah area pulau yang belum tersedia aliran listrik yang memadai sehingga persiapan seperti ini sangat penting untuk Anda lakukan.

5. Cek ketersediaan akomodasi

Akomodasi seperti penginapan hingga transportasi sejatinya menjadi hal yang tidak kalah penting dalam penerapan liburan yang santai. Apabila tidak disiapkan dengan baik, Anda tentu akan kebingungan akan menginap di mana, bagaimana transportasi ke, dari, serta selama berada di pulau.

Ketika berwisata di Pulau Seribu, waktu satu hari saja tidak jarang dirasa kurang. Hal ini membuat banyak wisatawan memilih untuk menginap di sejumlah tempat penginapan yang disediakan oleh warga. Tentu saja, harga setiap penginapan akan berbeda tergantung dengan tipe dan kelebihan yang ditawarkan.

Di sejumlah pulau, terdapat berbagai tempat menginap dengan berbagai harga dan fasilitas. Sesuaikan kembali pilihan menginap Anda dengan budget yang dimiliki. Supaya menghemat waktu, ada baiknya Anda sudah melakukan riset terlebih dahulu sebelum berangkat ke pulau.

Hal yang sama terkait dengan transportasi. Anda juga harus mempersiapkan waktu dan budget untuk keberangkatan kapal dari kota Jakarta ke pulau-pulau di Kepulauan Seribu. Terlebih, ada beberapa jenis kapal yang bisa dipakai, mulai dari kapal kayu dengan waktu tempuh lebih lama, maupun speedboat yang lebih cepat.

6. Senantiasa menjaga kebersihan

Tips liburan santai selanjutnya yakni dengan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar pulau, baik di pulau, penginapan, pantai, dan berbagai lokasi wisata lainnya. Memelihara kebersihan sudah pasti akan membuat suasana liburan akan lebih menyenangkan, tidak hanya untuk Anda namun juga wisatawan yang lain.

Anda tentu akan merasa kurang nyaman ketika berenang namun ada banyak sampah di sekitar Anda, atau saat berfoto namun ternyata ada beberapa sampah plastik yang berada di dekat Anda. Menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya tentu juga akan membuat pemandangan pulau menjadi terlihat lebih indah dan tetap asri.

Jika Anda membawa bungkus makanan atau minuman dan belum menemukan tempat sampah, simpan dulu sampah tersebut di tas sampai menemukan tempat sampah. Selain itu, jangan pula mencorat-coret lokasi liburan. Jangan sampai Anda ikut mengotori alam dan pulau tempat Anda berlibur tersebut.

7. Memilih agen wisata terpercaya

Jika ingin liburan secara santai dan lebih terencana, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa agen travel wisata. Kendati demikian, saat ini ada banyak agen wisata yang tersebar di sekitar kita sehingga mau tidak mau, Anda harus cermat memilih agen yang tepat.

Pastikan Anda memilih jasa travel yang sudah banyak dipercaya dan banyak direkomendasikan. Cek juga biaya yang harus disiapkan sehingga lebih sesuai dengan kantong Anda. Kendati demikian, jangan mudah tergoda dengan agen abal-abal yang memberi iming-iming harga liburan sangat murah.

Itulah beberapa tips liburan yang santai di Pulau Seribu. Tentunya, liburan yang mengasyikkan akan dapat dirasakan jika persiapan dapat dilakukan secara tepat. Nah, sudah siapkah Anda untuk liburan yang santai dan menyenangkan?