Tips Liburan Bersama Lansia Yang Nyaman

Spread the love

 

Saat liburan tiba, bagi Anda yang memiliki keluarga besar dan memiliki rencana liburan bersama pastinya sudah memikirkan akan berlibur ke kota apa dan berwisata ke tempat apa. Rencana tersebut pastinya melihat dari orang yang akan ikut berlibur. Namun bila Anda memiliki rencana liburan bersama lansia nyatanya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan tujuan agar orang tua berasa nyaman dan aman saat berlibur bersama Anda.

6 Tips Liburan Aman Bersama Lansia

Bagi Anda yang akan berlibur bersama orang tua atau lansia. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar orang tua atau lansia merasa aman dan nyaman saat liburan. Berikut akan kami jelaskan beberapa tipsnya.

1.      Gunakan transportasi yang aman

Saat berlibur bersama kakek dan nenek pastikan menggunakan transportasi yang aman dan nyaman sampai ke tempat wisata tujuan. Bila Anda berlibur menggunakan kendaraan pribadi, baiknya lakukan pengecekan rutin dahulu ke bengkel sebelum melakukan perjalanan.

2.      Perhatian cuaca

Dalam memutuskan berwisata baiknya Anda perhatian perkiraan cuaca. Meskipun tidak ada yang pasti tentang cuaca namun setidaknya mencari tahu dahulu cuaca dan yang akan terjadi ketika Anda hendak melakukan perjalanan untuk berwisata. Hari dengan cuaca yang baik maka suasana hati lansia pun juga baik.

Begitu sebaliknya bila cuaca buruk maka dapat mempengaruhi suasana hati kakek dan nenek atau lansia. Dengan melakukan perkiraan cuaca memudahkan Anda mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan saat di perjalanan.

3.      Pilih destinasi yang mudah

Lokasi wisata yang akan dikunjungi harus dipertimbangkan sebab berwisata bersama lansia. Anda perlu mencari tempat wisata yang aman dan nyaman untuk lansia. Tanyakan kepada lansia yang akan ikut berlibur bersama Anda, terkait lokasi yang akan dikunjungi untuk liburan dan hal yang perlu diingat jangan memaksakan lansia bila tidak ingin ikut berwisata.

4.      Persiapkan kebutuhan medis

Menjadi tenang ketika lansia sebelum berwisata melakukan pengecekan dan mendapatkan surat persetujuan dari dokter. Persiapkan perlengkapan medis untuk berjaga jaga bila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan. Bila orang tua lansia memiliki penyakit seperti diabetes, asma dan hipertensi persiapan kebutuhan medis di tempat yang terpisah dari koper supaya mudah untuk mengambilnya.

5.      Luangkan waktu untuk istirahat

Stamina para orang dewasa dengan lansia berbeda. Sehingga luangkan waktu sejenak untuk beristirahat. Baik ketika masih di perjalanan ataupun ketika sudah di tempat wisata.

6.      Pilih spot liburan yang menarik

Saat mengajak liburan untuk orang tua lansia. Pilihlah tempat spot yang menarik, jangan pilih tempat wisata kekinian yang tidak sesuai dengan selera lansia. Saat liburan jangan memadatkan waktu satu hari untuk berwisata karena orang tua lansia harus menikmati perjalanan wisatanya.

Itulah hal yang perlu diperhatikan saat berwisata bersama orang tua lansia. Berikut akan kami jelaskan beberapa tempat wisata yang cocok untuk orang tua lansia.

·         Kebun Raya Bogor

Tempat wisata yang bisa orang tua lansia kunjungi apalagi bila menyukai tanaman cocok bila berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati alam Anda bisa ke Bogor saja yang mudah akses perjalanannya.

·         Taman Bunga Nusantara

Umumnya orang tua lansia menyukai wisata alam yang dapat memanjakan mata. Wisata Taman Bunga Nusantara bisa menjadi rekomendasi tempat wisata. Bagi Anda yang berasal dari Jakarta tidak membutuhkan waktu yang lama untuk berlibur ke tempat wisata ini.

·         Ketep Pass

Tempat wisata yang ada di Magelang. Objek wisata yang cocok untuk orang tua adalah yang memiliki nuansa alam dengan pemandangan yang cantik. Wisata alam memberikan rasa relaks pada orang tua lansia karena menikmati kesejukan udara sekitar Magelang.