5 Cara Meningkatkan Fokus dan Mengistirahatkan Batin

Spread the love

Terlalu banyak pikiran jika dibiarkan secara terus menerus bisa mengakibatkan stres. Padahal pikiran tenang bisa membuat hidup Anda menjadi lebih bahagia dan sehat. Sehingga banyak orang yang hidupnya merasa terganggu ketika mengalami suatu permasalahan.

Anda perlu strategi tertentu untuk lebih fokus dan mengistirahatkan batin setiap harinya agar sistem tubuh menjadi lebih efisien. Sebab apa yang terjadi dalam batin dan pikiran Anda bisa berpengaruh pada seluruh sistem tubuh.

Ketika Anda dalam kondisi yang stres, tubuh beranggapan bahwa kelangsungan hidupnya mulai terancam. Hal ini tentu saja berpengaruh pada sistem tubuh Anda, untuk menghindari hal tersebut yuk coba beberapa treatment berikut ini.

Olahraga

Salah satu cara untuk meningkatkan fokus dan menenangkan pikiran adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Tiap kali Anda melakukan aktivitas fisik secara teratur dan aktif, maka tubuh melepaskan bahan kimia yang bisa meningkatkan suasana hati, yaitu endorphin.

Meskipun sebenarnya olahraga tidak membantu menghilangkan stres yang Anda rasakan. Tetapi bisa membantu melindungi tubuh Anda dari potensi penyakit, seperti penyakit jantung. Dimana olahraga bisa membantu menurunkan tekanan darah serta menguatkan otot jantung. Selain itu, bisa juga mempertahankan berat badan agar tetap ideal.

Anda bisa melakukan berbagai jenis olahraga yang Anda sukai secara rutin, misalnya tenis atau hanya sekedar joging di pagi hari. Asalkan dilakukan secara konsisten maka bisa membantu meningkatkan fokus dan menyehatkan tubuh Anda.

Meditasi Jantung

Anda bisa melakukan meditasi yang bisa membantu untuk membuat jantung lebih sehat, misalnya melakukan yoga yang bertujuan untuk membersihkan dan memurnikan jantung. Latihan meditasi bisa membuat jantung lebih sehat dari dalam ke luar.

Caranya yaitu bisa dengan menentukan postur tubuh paling nyaman untuk melakukan meditasi, misalnya duduk di atas bantalan kursi ataupun bersandar. Aturlah sesuai dengan kebutuhan misalnya 10 menit, 20 menit atau 30 menit di posisi tersebut dalam kondisi rileks.

Letakkanlah tangan Anda di atas lutut dengan posisi Janan Mudra atau telunjuk dan ibu jari bersentuhan. Telapak tangan Anda dihadapkan ke atas agar membuka kesadaran ataupun menghadap bawah agar pikiran lebih tenang.

Tariklah dagu sedikit ke bawah serta biarkan bagian belakang leher memanjang. Mulai bawa kesadaran Anda ke tengah dada, kemudian rasakan hati Anda sedang dicuci dari ketegangan, tekanan dan perasaan tidak menentu lainnya. Aturlah nafas secara perlahan-lahan sembari berserah diri.

Apabila emosi tidak menentu tiba-tiba muncul serta menguasai proses meditasi Anda, biarkanlah terbawa lautan suara. Lambat laun akan larut dalam ketenangan hati.

Melakukan Hobi

Selanjutnya cara untuk lebih fokus dan mengistirahatkan batin adalah dengan melakukan hobi yang Anda gemari. Lakukanlah hal sederhana, misalnya dengan mandi atau berendam air hangat, menghabiskan waktu menonton film favorit, mendengarkan music favorit, dan melakukan hobi lain yang Anda gemari.

Melakukan hobi tersebut bisa mengistirahatkan diri Anda agar terhindar dari berbagai potensi yang dapat memicu stres.

Menikmati Suasana Alam

Suasana asri dan sejuk dari alam bisa membantu menenangkan batin Anda. Selain itu, menikmati alam juga bisa menjernihkan pikiran Anda agar lebih segar dan santai. Otak Anda pun akan lebih mudah bekerja ketika Anda berada dalam lingkungan yang sejuk dan hijau.

Menghabiskan waktu berada di alam bisa memberikan efek untuk menurunkan detak jantung, hormon stres, tekanan darah serta ketegangan otot.

Luangkanlah waktu Anda pada saat hari libur untuk mengeksplor alam dan menikmati suasananya. Jika ingin lebih tenang, Anda bisa menghabiskan waktu sendirian di sini ataupun bersama dengan teman-teman.

Dengan pikiran dan batin yang lebih tenang maka Anda bisa berpikir lebih jernih dalam mengendalikan segala bentuk emosi yang dirasakan. Sehingga ketika Anda kembali, Anda bisa lebih fokus dan berkonsentrasi untuk menyelesaikan permasalahan.

Mengistirahatkan Hati

Istirahatkanlah hati Anda sekitar 90 detik, maka seluruh tubuh Anda bisa kembali tenang. Cara ini tidak hanya bisa mengurangi tingkat stres saja tetapi bisa membuat fungsi tubuh menjadi lebih sehat.

Kegiatan bersantai, meditasi, doa dan lain-lain bisa membantu untuk memelihara serta membuat hati lebih tenang. Aktivitas ini akan menghasilkan keadaan fisiologis ke arah berlawanan dengan stres, meningkatkan aliran darah menuju ke jantung, respons relaksasi dan menurunkan tensi darah.

Anda bisa mengistirahatkan diri Anda serta melepaskannya secara mental, kemudian arahkanlah perhatian Anda pada area hati. Renungkanlah berbagai jenis pikiran serta perasaan yang bisa membuat Anda lebih damai, tenang dan rileks serta mengingat berbagai pengalaman menyenangkan.

Bayangkanlah diri Anda seolah-olah sedang berada dalam kondisi tersebut, arahkanlah pikiran Anda menuju hal-hal yang membuat Anda bahagia. Rasakan kembali bahwa Anda bisa memiliki perasaan bahagia tersebut sembari memusatkan perhatian Anda pada hati. Aturlah pernapasan Anda secara lebih rileks.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan fokus dan mengistirahatkan batin Anda. Semoga berhasil!